nilai tukar mata uang asing

Tabungan Mata Uang Asing, Keuntunganya apa ?

Sekarang ini dunia investasi semakin maju dan berkembang. Tentu saja yang mau melakukan invest juga harus pintar karena banyak sekali jenis investasi bodong, maka dari itu dibutuhkan sebuah kematangan dalam mengambil keputuasan kemana anda harus melakukan investasi apakah jangka panjang, pendek atau menengah.

Salah satu model investasi yang sangat bagus adalah tabungan mata uang asing seperti dolar misalkan yang menjadi mata uang dunia dan nilai tukarnya juga sangat stabil. Artinya anda bisa membeli dolar ketika rupiah menguat dan sebaliknya bisa menukar kembali ketika nilai tukar rupiah menurun sehingga anda akan untung lebih banyak tanpa harus berbuat apa apa.

Kita ambil sebuah contoh misalkan pada 5 tahun yang lalu berapakah harga tukar rupiah pada dolar ? ini menjadi acuan anda, tidak hanya dolar sebenarnya anda bisa mencoba mata uang asing lain seperti yuro, yen dan yang lainya namun kasus ini sebagai contoh kami berikan mata uang dolar amerika saja karena selain USA ada juga dolar singapore, australia yang tentu anda juga sudah tahu akan hal ini.

Ok sebagai contoh sederhana saja, kita ambil jalan tengah karena yang namanya investasi maka membutuhkan waktu lama. Ini salah satu gambaran bagaimana grafik nilai tukar rupiah ke dolar dalam periode 5 tahun terakhir yang bisa kita baca datanya dengan jelas dan nanti ambil keputusan.

nilai tukar mata uang asing
Kurva Chart Pergerakan Kurs Rupiah 5 tahun terakhir

Nah sekarang kita mencoba membaca datanya ya dimana ini sebagai salah satu ulsan sederhana saja mengapa anda harus mengambil keputusan tabungan mata uang asing disamping banyak lagi memang jenis investasi yang lainya.

  1. Kita bisa membaca grafik diatas dengan gamblang sekali, dimana pada tahun 2015 tepat pada tanggal 28 januari nilai tukar rupiah terhadap dolar waktu itu sekitar $1USD = Rp 12.498
  2. Tidak menunggu waktu lama hanya beberapa bulan saja sudah melambung tinggi diangka 14.702 tepat pada bulan oktober ini artinya jika anda membeli dan menahan dalam beberapa bulan dan menukar dolar kembali anda sudah untung banyak.
  3. Baik, sekarang kita langsung saja lompat ya pada periode 5 tahunan dimana dolar sangat kuat sekali pada bulan november 2018 dan kemudian menurun perlahan sampai diangka yang sekarang 13.612 tepat dibulan januari 2020.
  4. Ini artinya jika anda menukar dolar yang anda beli di tahun 2015 maka anda akan untung besar, jikapun anda tukar juga di tahun 2020 masih untuk karena anda membeli diangka 12.498.

Ini sekilas mengenai data yang sangat mentah memang, namun jika anda ingin mendapatkan keuntungan dalam hal tabungan mata uang asing ini memang harus bermain dalam jumlah yang besar artinya dalam $1 anda akan mendapatkan keuntungan misalkan penambahan Rp.1000 sampai dengan 2000 rupiah bahkan bisa Rp.3000 jika kita lihat pada bagian grafik diatas.

Sederhanya seperti ini kira kira.

  1. Anda membeli misalkan $50.000 pada 5 tahun yang lalu dengan harga per $1 = Rp 12.498 maka total yang akan anda keluarkan dalam rupiah adalah sebesar Rp 12.498 x 50.000 = Rp. 624.900.000
  2. Kemudian jika anda cermat dan bisa mengenalisa dalam 5 tahun terakhir dolar paling tinggi nilai tukarnya di angka Rp.15.000 dan memutuskan langsung menukar menjadi rupiah maka yang akan anda dapatkan adalah ( Rp 15.000 x 50.000 = 750.000.000
  3. Ini artinya, tanpa di anda berbuat apapaun hanya menunggu moment yang pas anda sudah bisa untung kurang lebih 120 juta dan ini angka yang sangat besar tentu saja tanpa anda berbuat apapun, mengeluarkan uang modal, uang sewa, uang penyusutan dan lain sebagainya.

Yang terakhir okelah anda lupa nih dan lalai dalam sebuah analisa, dan tiba tiba di tahun 2020 ini anda sangat butuh sekali uang sedangkan anda mau untung dalam hal investasi tabungan mata uang asing ini maka seandainya anda tukar kembali ke rupiah apakah masih untung ?

JELAS anda masih untung simple saja Rp.13.600 anda kurangi dengan Rp 12.498 maka masih ada sisa Rp.1102 kalikan saja dengan 50.000 maka anda tetap masih cuan Sebesar Rp.55 juta.

Begitulah kira kira mengenai tabungan mata uang asing ini, anda tertarik mencobanya ?